Pelaksanaan PILKADES Desa Balerante Berjalan Kondusif

19 Maret 2019 10:57:18 WIB

Pilkades merupakan salah satu bentuk pesta demokrasi yang begitu merakyat. Pemilu tingkat desa ini merupakan ajang kompetisi politik yang begitu mengena kalau dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran politik bagi masyarakat. Pada hari Rabu, tanggal 13 Maret 2019 diadakan Pilkades Serentak gelombang II di Wilayah Kabupaten Klaten tidak terkecuali Desa Balerante Kecamatan Kemalang yang juga melaksanakan pesta demokrasi 6 tahunan tersebut.

Pilkades di wilayah desa balerante terbilang sangat kondusif karena terdapat 2 (dua) calon kepala desa yang kapasitas dalam masyarakat tidak diragukan lagi. Dua calon Kepala Desa tersebut yaitu : Sdr. Sukono sebagai petahana dan Sdri. Nyaryati, S.Pd sebagai calon baru. Pada tanggal 4 Maret 2019 dilaksanakan acara pengundian nomor urut calon Kepala Desa serta untuk membacakan visi misi kedua calon Kepala Desa. Hasil akhir dari pelaksanaan acara tersebut adalah Sdri. Nyaryati, S.Pd sebagai calon nomor urut 1 (satu), dan Sdr. Sukono sebagai calon nomor urut 2 (dua).

Pelaksanaan Pilkades Desa Balerante tanggal 13 Maret 2019 dimulai dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB untuk waktu pemungutan suara. Terdapat 3 TPS, 19 Orang panitia, Linmas, Bhabinkamtibmas untuk membantu kelancaran Pemilihan Kepala Desa di Balerante.

Pemilih mulai berdatangan, pemilih menukarkan undangan di panitia pendaftaran dan panitia menyerahkan surat suara kepada pemilih. Setelah itu pemilih menuju bilik suara untuk memberikan hak suaranya, lanjut memasukan surat suara ke kotak suara dan diakhiri dengan mencelupkan jari di tinta biru sebagai tanda sah pemilh sudah menggunakan hak pilihannya.

Hasil akhir dari pelaksanaan pemilihan Kepala Desa Balerante melalui perhitungan suara langsung yang disaksikan para Tokoh Masyarakat dan masyarakat Desa Balerante adalah Calon Kepala Desa nomor urut 1 mendapatkan total suara 122 (seratus dua puluh dua), Calon Kepala Desa nomor urut 2 sebesar 1083 (seribu delapan puluh tiga) suara dan terdapat 38 suara yang tidak sah. Dengan begitu yang terpilih menjadi Kepala Desa Balerante untuk 6 tahun kedepan (periode 2019-2024) yaitu Sdr. Sukono.

Komentar atas Pelaksanaan PILKADES Desa Balerante Berjalan Kondusif

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Sistim Informasi Desa ( SID ) Desa Balerante

© 2006-2016 Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) yang digunakan dalam situs ini dibangun oleh 'Lumbung Komunitas" dari COMBINE Resource Institution sejak 2009. Sistem ini dikelola dengan merujuk pada lisensi GNU GENERAL PUBLIC LICENSE Version 3

Peta

Lokasi Balerante

tampilkan dalam peta lebih besar